Search

Senin, 25 Januari 2016

5 cara mengoptimalkan SEO website untuk bisnis anda

5 cara mengoptimalkan SEO website untuk bisnis anda

Difacom Solusindo
 
 BlogSEO
Bisnis Online banyak mengandalkan mesin pencari (search engine) dan bergantung pada proses pemasaran bisnis atau bisa juga disebut internet marketing, begitupula dengan pemilik UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Proses pemasaran  bisnis UMKM melalui internet adalah sesuatu yang sangatlah penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bisnis online. Tentu saja mengoptimalkan SEO pada website bisnis anda di internet sangat penting untuk pengembangan bisnis usaha kecil dan menengah.
Selain itu, sudah banyak pengguna smartphone yang sudah terbiasa menggunakan perangkat mobilenya untuk mengakses Internet dari mana saja. Internet akan memberikan pengaruh yang besar pada pertumbuhan dan perkembangan bisnis apapun, apakah skala kecil, menengah atau besar. Jadi jika Anda adalah pelaku bisnis UMKM atau pemilik bisnis di pasar lokal, maka Anda perlu mengoptimalkan website bisnis Anda di mesin pencari.
Berikut adalah lima cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat website bisnis anda menjadi optimal di internet:

1. Mendaftarkan Usaha Anda di Google Places

Google Places adalah cara yang sangat efektif untuk melakukan bisnis Anda berada pada halaman utama Google. Dengan demikian, pengguna internet lebih mudah menemukan informasi tentang bisnis Anda melalui mesin pencari.
Pastikan Anda mendaftar bisnis Anda di Google Places. Memberikan informasi yang jelas dan komprehensif tentang bisnis anda, antara lain: Nama perusahaan, alamat, nomor telepon, URL website. Dengan menempatkan informasi bisnis Anda di Google Places, akan memudahkan orang yang mengunjungi website anda mendapatkan informasi yang jelas dan dapat menghubungi anda dengan mudah.
Selain itu, bisa juga dengan mendaftarkan bisnis Anda di berbagai website yang memuat tentang informasi keberadaan tempat usaha anda. Misalnya, untuk mendaftarkan alamat Anda pada website Foursquare.com, Urbanesia, dan jangan lupa untuk mengatur account media sosial untuk bisnis Anda. Semakin mudah pengunjung menemukan informasi alamat anda di internet, kemungkinan besar pengunjung akan menghubungi Anda.

2. Memasang Iklan di Google Adwords

Setelah Anda mendaftarkan bisnis Anda di Google Places, langkah berikutnya adalah Anda dapat mempertimbangkan untuk beriklan di Google Adwords. Membuat Banner Iklan di Google adalah cara yang sangat efektif untuk menjangkau pelanggan, baik lokal maupun luar negeri.
Pemasang iklan di google adwords akan muncul di bagian atas halaman pencarian Google, di mana iklan muncul berdasarkan kata kunci yang ditambahkan oleh pengguna mesin pencari Google. Selain itu, iklan tersebut akan ditampilkan pada situs-situs yang memsang Google AdSense.
Pada awalnya kita membayar untuk beriklan di Google, mendorong website bisnis anda dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas pengunjung. Langkah berikutnya adalah menjaring para pengunjung untuk menjadi Fans media sosial, subscriber, atau pelanggan tetap di dalam bisnis Anda. Tentunya ini secara langsung akan berpengaruh pada SEO website anda.

3. Mengajak Pengunjung Untuk Memberikan Ulasan/Review

Ulasan atau review dari pengunjung website anda yang memiliki blog adalah cara yang sangat efektif untuk meningkatkan nilai SEO dari situs web bisnis anda. Selain itu, komentar pada blog yang memiliki lalu lintas pengunjung  yang banyak akan memberikan dampak yang baik pada website bisnis anda.
Selain ulasan dari pemilik blog, ulasan bisnis dapat diperoleh dari beberapa situs terkenal seperti Google Places, Urbanesia, Yelp, Facebook dan Foursquare. Website bisnis Anda akan menjadi lebih baik jika lebih banyak orang memberikan ulasan baik tentang bisnis Anda, dan tentu saja, peluang bisnis Anda di Internet akan menjadi lebih besar. Pelanggan yang puas pasti tidak akan ragu untuk memberikan gambaran singkat dari bisnis Anda, dan ini akan sangat baik untuk meningkatkan skor SEO Anda pada Internet dan mesin pencari.

4. Mengadakan Undian Berhadiah dan Menawarkan Kupon

Sebuah undian berhadiah atau promosi dengan memberikan kupon hadiah kepada para pelanggan yang menggunakan perangkat mobile dan komputer adalah salah satu strategi yang sangat efektif karena ini bisa membuat peluang usaha Anda akan ditemukan di situs-situs media sosial dan juga mesin pencari.
Google adalah mesin pencari yang  memperhitungkan kegiatan pengguna media sosial. Jika bisnis anda banyak dibicarakan di media sosial biasanya akan menjadi ukuran dalam keberhasilan usaha bisnis online anda di  internet, hal ini akan mempengaruhi website bisnis anda berada pada peringkat atas di mesin pencari google.

5. Membuat Aplikasi Untuk Pengguna Smartphone/Mobile

Seperti yang disebutkan di awal paragraf, Belakangan ini, peningkatan jumlah pengguna internet yang mengakses internet melalui smartphone sudah banyak sekali. Jika Anda memiliki aplikasi mobile untuk website bisnis Anda, maka ini merupakan keuntungan bagi bisnis Anda. Tetapi perhatikan bahwa untuk menciptakan aplikasi mobile untuk website bisnis biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pastikan untuk memperhitungkan posisi keuangan untuk bisnis Anda.
Dari penjelasan yang disebutkan di atas kita dapat memahami langkah-langkah apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan SEO website bisnis kita di internet. Jika Anda atau karyawan Anda memahami proses pengoptimalan SEO Website, Anda tidak perlu menyewa ahli SEO untuk melakukannya, anda bisa menerapkan tips SEO website bisnis anda dalam artikel ini.
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel saya. :)

Tidak ada komentar: