Search

Senin, 25 Januari 2016

Bagaimana Cara Membangun Backlink Untuk Website

Bagaimana Cara Membangun Backlink Untuk Website

 Difacom Solusindo
 
 BlogSEO
Backlink merupakan salah satu faktor terpenting dalam SEO (Search engine opitimization). Selama mesin pencari (search engine) masih ada, terutama mesin pencari Google, maka backlink akan selalu memainkan peran penting dalam meningkatkan peringkat sebuah situs di mesin pencari. Backlink adalah cara untuk meningkatkan SEO, keberadaan backlink itu sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor seperti; sumber backlinknya, teks jangkar (anchor text), jumlah backlink dan banyak lagi.
Berdasarkan pengalaman saya, tidak dapat menjamin jumlah backlink sebuah situs web akan menduduki peringkat yang baik di mesin pencari. Bahkan, terlalu banyak referensi ke situs lain dapat menyebabkan situs kita menjadi bermasalah terhadap google, misalnya, posisi peringkat website turun di search engine, bahkan bisa menyebabkan link website kita dihapus dalam daftar mesin pencarian google.
Saya akan memberikan penjelasan sedikit tentang Bagaimana Cara Membangun Backlink Untuk Website. Sebenarnya ini bukan dari hasil pemikiran saya, tetapi belajar dari pengalaman saya dan orang lain, juga dari beberapa sumber referensi lain, maka saya melakukan percobaan pada beberapa website yang saya kelola. Hasilnya adalah beberapa website saya perlahan-lahan meningkat secara baik di search engine, begitupula dengan beberapa website yang lainnya.

Strategi Dalam Membangun Backlinks

1. Menggunakan Anchor Text

Metode SEO yang digunakan dalam membuat kata kunci untuk website, biasanya menggunakan anchor text yang menargetkan kata kunci berupa link yang mengarah pada link website yang akan kita SEO kan. Jika kita membuat link anchor tekt sebanyak-banyaknya dalam satu halaman, hal ini sangat tidak dianjurkan karena akan membuat website dengan backlink anchor tekt yang dibuat sebanyak-banyaknya, akan mendapat masalah dari google dan memberi kesan halaman website kita penuh dengan kata kunci. Buatlah anchor tekt dengan penempatan yang rapih, sehingga pengunjung nyaman berada pada halaman website anda.

2. Sumber Backlink Yang Berkualitas

Banyak pelaku internet marketer dan blogger yang tidak memperdulikan backlinknya bersumber dari mana saja, yang penting bisa mendapatkan backlink. Jika Anda salah satu dari orang-orang yang berpikir seperti itu, maka Anda perlu mengubahnya karena referensi dari sebuah sumber backlink sangat berpengaruh pada kualitas backlink. Sebagai contoh, saya memiliki blog dengan isi / topik internet marketing, akan lebih baik jika Anda bisa mendapatkan link dari situs / blog yang memiliki tema yang sama atau yang berhubungan dengan isi / konten pada website anda.
Selain itu, konten pada link halaman website anda juga sangat berpengaruh pada kualitas link tersebut. Sebagai contoh, untuk membuat sebuah artikel yang berbicara tentang “Bagaimana Membuat Semur Jengkol” (contoh blog yang menggunakan tema tips memasak). Lalu tiba-tiba ada link di dalam artikel anda yang memuat isi konten halaman ke website lain, misalkan link itu berjudul “Tips Perawatan Mesin Mobil.” Tentunya ini bukan cara yang tepat untuk membangun link pada situs anda.

3. Membuat sumber backlink yang bervariasi

Hal ini sangatlah penting untuk dipertimbangkan ketika anda membangun backlink yang menuju ke situs Anda. Sebuah website biasanya akan mendapatkan nilai yang sangat baik, jika website kita mendapatkan link dari beberapa jenis website daripada link yang berasal dari satu jenis website.
Kita bisa membangun link dari beberapa sumber, termasuk; Web 2.0, Web PDF Sharing, situs media sosial (Facebook, Twitter, Google Plus), Blog Roll, situs berbagi foto (Pinterest, Instagram, Flickr), forum, sosial bookmark dan banyak lagi. Semakin beragam sumber link yang mengarah ke situs Anda, maka akan terlihat lebih alami.

4. Rel Nofollow dan Dofollow

Blogger dan internet marketer banyak yang “meremehkan” link Nofollow dan hanya memberikan link Dofollow ke situs mereka. Fakta, bahwa itu sangatlah “benar”, website yang memiliki peringkat yang baik di SERP, bisa terjadi karena mereka memberikan link Nofollow. Sebenarnya link Nofollow tidak akan “berkontribusi” kepada page rank (PR) dalam sebuah website, tapi anda akan mendapatkan link juice.
link juice adalah kemampuan atau kualitas pada sebuah link dari situs yang ber Page Rank (PR) dan dapat menyalurkan ranknya dan DAnya (domain authority) ke situs yang dituju pada link tersebut, maksudnya adalah jika anda membuat backlink pada situs ber Page Rank (PR) tinggi, maka situs tersebut dapat memberikan Page Ranknya kepada website anda.

5. Membuat Backlink pada halaman lainnya

Buatlah backlinks yang mengarahkan ke beberapa halaman lainnya pada website anda, tidak hanya memberikan links pada halaman home page saja. Banyak orang terlalu fokus dalam memberikan backlink pada halaman home page saja, menurut pengalaman saya, akan lebih baik lagi, jika backlinks juga diarahkan pada halaman yang lainnya (inner pages) di dalam website anda.
Artikel yang sudah disebutkan di atas adalah hal terpenting yang harus kita perhatikan dalam membangun backlinks untuk website kita. Masih banyak cara-cara yang lain yang harus di pelajari, tapi setidaknya beberapa cara di atas sudah saya buktikan dan terbukti berhasil memberikan dampak baik untuk website saya. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel saya :)

Tidak ada komentar: