Search

Minggu, 24 Januari 2016

Pengertian Internal Link dan Fungsinya Pada Website ?

Pengertian Internal Link dan Fungsinya Pada Website?

 Difacom Solusindo

 BlogSEO
Sudah banyak para pelaku internet marketer, webmaster, dan pakar SEO, membahas tentang link building. Ketika saya browsing di internet, saya pernah menemukan diskusi tentang strategi bagaimana cara membangun backlinks versi terbaru dan teknik yang bisa dibilang ampuh menurut mereka dalam SEO website, hal ini bertujuan tidak lain untuk meningkatkan peringkat pada sebuah halaman website di mesin pencarian, seperti misalnya Google. Menurut saya, ada beberapa hal penting yang terlupakan dalam diskusi tersebut, mereka lupa bahwa ada strategi dalam membangun internal links pada sebuah website/ blog.
Internal link adalah link dari satu halaman web ke halaman lain pada situs yang sama, yang dimana isinya masih saling terkait. Ini adalah salah satu cara untuk membantu mesin pencari dalam merayapi sebuah website. Selain itu, Internal Link memungkinkan pengunjung website menemukan informasi lain yang saling berkaitan. Tentunya ini akan membuat pengunjung akan lebih lama mengunjungi website kita. Secara umumnya, Internal Link merupakan salah satu peran yang sangat penting dalam meningkatkan SEO Website (Search Engine Optimization).

Apa manfaat dari Internal Link?

Bagi saya, tujuan utama dalam menghubungkan internal link adalah untuk memudahkan mesin pencari dalam merayapi dan mengindeks seluruh halaman yang ada pada website kita, kemudian menampilkannya pada halaman mesin pencarian (search engine), dan ini membuat seluruh halaman pada website kita akan dengan mudah ditemukan ketika orang menggunakan mesin pencarian (search engine), seperti misalnya mesin pencarian Google. Manfaat kita membuatkan Internal lnik adalah:

1. Memberikan kenyamanan dan pengalaman kepada pengunjung

Sudah banyak blog yang membahas manfaat pentingnya internal link untuk SEO pada website. Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, internal link akan memudahkan bagi pengunjung dalam menavigasi pada website/blog Anda untuk membuka halaman website yang lainnya.
Jika seseorang menemukan link ke artikel Anda dalam hasil pencarian Google. Dan kebetulan di website anda tidak memiliki internal link ke halaman yang lain. Pada saat mereka membaca isi dari artikel yang sudah anda buat dan kemudian mereka menemukan informasi yang mereka butuhkan, kemungkinan besar mereka akan menutup halaman web Anda atau menekan tombol back di browser. Di sisi lain, jika mereka menemukan link teks jangkar (Anchor Teks Link) dalam artikel anda yang mengarah pada informasi lainnya, ini akan membuat pengunjung betah dan berlama-lama pada website anda. jika mereka suka terhadap tulisan maupun artikel anda, kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan (Subcriber) dari website Anda dan akan mengunjungi kembali blog/website anda di lain waktu

2. Meningkatkan SEO pada situs Anda

Dengan dibuatkannya internal link pada website anda, membantu  mesin  pencari dapat merayapi dan mengindeks website anda dengan cepat. Membuat sebuah artikel pada halaman yang diberikan internal link, akan lebih baik jika anda membuat sebuah artikel yang di dalamnya tidak terdapat internal link yang mengarah pada halaman artikel anda yang lainnya
Internal link yang menuju ke halaman lainnya dengan kata kunci yang yang berhubungan dengan isi dari artikel yang anda buat adalah cara yang sangat efektif untuk meningkatkan nilai SEO pada artikel Anda. Jelas, dan ini sangat mudah dilakukan. Sebagai contoh, bisnis atau blog Anda memuat tentang pembuatan website, Anda dapat menggunakan kata kunci pada halaman artikel anda dengan kata kunci “Jasa Pembuatan Website” kemudian, dari postingan anda yang berisi tentang pembuatan website, disitu terdapat link yang mengarah pada informasi lainnya tentang paket pembuatan website dengan harga murah. Dengan adanya internal link ini akan membantu mesin pencari memahami isi dari situs Anda secara keseluruhan.

Perhatikan Ketika Anda Membuat Internal Link

Jika Anda memiliki sebuah artikel yang ingin Anda perlihatkan kepada pengunjung dari blog/website Anda, namun ternyata artikel tersebut tidak sepopuler pada halaman artikel  lainnya, maka Anda dapat menambahkan Internal link yang menuju pada halaman tersebut di dalam halaman artikel yang sering dibaca oleh pengunjung blog/website Anda.
Anda bisa memperlihatkan konten-konten lama milik Anda dengan cara menempatkan internal link menuju halaman tersebut di dalam postingan yang sering dikunjungi pembaca dari blog/website Anda. Semakin banyak halaman blog/website Anda yang dibuka oleh pengunjung dan mudah diakses oleh mesin pencari, maka visibilitas blog Anda akan semakin baik. Tentunya ini akan memberikan hasil yang lebih baik pada website/blog dan juga bisnis Anda.

Oleh karena itu, perhatikan hal-hal berikut ini ketika anda membuat internal link:

  1. Buat internal link yang menuju pada halaman yang terkait.
  2. Buat internal link sewajarnya, diusahakan jangan terlalu banyak.
  3. Gunakan anchor text yang sesuai dengan halaman yang dituju.
  4. Lakukan internal link secara teratur.
Jika kita melakukannya dengan benar, maka hasilnya akan menjadi baik, kita akan melihat website/blog kita berada pada peringkat teratas pada mesin pencarian google.
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel saya. :)

Tidak ada komentar: